STARTEGI PRODUK
Strategi pasar mengetengahkan cara sebuah perusahaan
memperoleh pendapatan, produk ialah barang fisik atau jasa yang dapat memuaskan kebutuhan konsumen.
Perusahaan harus terus menerus meningkatkan produk produk yang ada dan
mengembangkan produk baru untuk memuaskan pelanggan setiap waktu, dengan cara
ini perusahaan dapat menghasilkan tingkat pertumbuhan penjualan yang sangat
tinggi. Yang disebut diatas inilah yang disebut dengan strategi produk. Ada 2
bagian produk yaitu produk belanja dan produk special. Produk belanja ialah
berbeda dengan produk konsumen, karena
produk belanja sering dibeli, contoh perusahaan dibidang mebel dan alat alat
rumah tangga lainnya, dan sedangkan produk special ialah produk yang dimaksudkan
untuk konsumen tertentu yang special dan oleh karenanya memerlukan upaya khusus
untuk mendapatnya, contoh sebuah hendphone tercanggih dan mobil ferarri harga
tidak jadi permasalah yang penting kepuas pribadinya diutamakan.
A.LINI PRODUK
Lini produk ialah serangkaian produk dan jasa yang
berhubungan yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan. Misalnya, fanta, spire,
pepsi, dan diet coke adalah bagian dari lini depan produk yaitu the coca-cola
compony. Lini produk cendrung berkembang sepanjang waktu saat perusahaan
menyadari kebutuhan konsumen yang lain.
B.BAURAN PRODUK
Bauran
produk ialah berbagai campuran produk yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan.
Contohnya, perusahaan sepeda motor Honda yang
mereka focus hanya membuat produk motor dan ordolinya saja akan tetap
setelah itu mereka mencipta produk baru dari perusahaan sendiri agar seperti
oil dan aksesorinya.
Salah satu strategi diversifikasi yang umum bagi
sebuah perusahaan adalah membuat keragaman variasi produk dalam kemampuan
produksinya sekarang.
C.MENGIDENTIFIKASIKAN
TARGET PASAR
Target
pasar secara dapat diklasifikasikan sebagai konsumen atau pasar industry. Pasar
konsumen ada untuk berbagi produk dan jasa konsumen(seperti artikel-artikel,
kamera, pakaian, dan perlengkapan rumah tangga). Pasar industry ada untuk
berbagai produk yang dibeli oleh perusahaan(plastic dan baja). Karakteristik
umum yang digunakan untuk menguraikan tergat pasar adalah jenis kelamin, usia,
dan tingkat pendapatan.
D.FAKTOR-FAKTOR
YANG MEMPENGARUHI UKURAN TARGET PASAR.
Saat
waktu berlalu, maka permintaan akan sebuah produk juga akan berubah. Perusahaan
berusaha untuk berada pada posisi yang dapat memberikan keuntungan dalam
kemungkinan peningkatan permintaan akan produk tertentu. Beberapa hotel
disabang dan disekitarnya telah mengantisipasi menlonjak peningkatan pada
tamu-tamu asing pada saat musim dingin menerpa eropa dan sekitarnya maka dari
itu pihak hotel menawar berbagai fasilitas yang nyama dan memiliki kesan tersendiri
bagi tamu tersebut, menyedia penterjeman yang untuk memudah berkomunikasi.
Factor
4 kunci yang mempengaruhi pilihan konsumen dan akibatnya akan mempengaruhi
ukuran target pasar, yakni:
1.
DEMOGROFIS
Total permintaan untuk beberapa produk atau jasa
tertentu tergantung demografis, atau karakteristik populasi manusia atau segmen
tertentu dari populasi tersebut, ketika kondisi demografis berubah maka
permintaan juga akan berubah. Misalnya demografis menunjukkan peningkat penguna
notebook semakin meningkat pesat sejak notebook pertama kali perkenalan jadi
semakin banyak pengemar akan produk notebook tersebut menjadi keuntungan bagi
mereka yang menjual produk notebook tersebut.
2.
GEOGRAFIS
Jumlah permintaan akan sebuah produk juga
mempengaruhi oleh geografis. Perusahaa-perusahaan menargetkan ban untuk salju
bagi Negara-negara disebelah utara dan papan selancar dibagi Negara timur. Maka
dari iklim sangat mempengaruhi akan suatu produk dan jasa.
3.
FAKTOR-FAKTOR EKONOMI
Ketika terjadi perubah perekonomi suatu Negara
pemintaan akan barang dan jasa pasti akan berubah pilihan konsumen. Produk
belanja dan produk special akan sangat sensitive pada kondisi ini.
4.
NILAI NILAI SOSIAL
Saat ini nilai-nilai social mengalami perubahan.
Maka pilihan mereka pun akan berubah. Misalnya permintaan akan rokok dan
minuman keras akan menurun ketika konsumen mengetahuin bahaya akan merokok dan
minum minum keras yang bias mengancam kesehatan konsumen.
E.MENCIPTAKAN
PRODUK BARU
Sebuah
produk baru tidak harus mewakili sebuah penemuan baru yang terkenal. Kebanyakan
produk baru hanya merupakan pengembangan produk yang sudah ada. Produk yang
sudah ada menjadi using , atau kurang manfaat untuk masa sekarang. Dengan dua
alasan. Produk-produk tersebut sudah ketinggal mode, yang disebut mode
kadarluasa(fashion obsolescence) dan teknologi using(technologi obsolescence).
Penggunaan riset
pemasaran untuk menciptakan produk baru
Ketika perusahaan mengembangkan produk, mereka akan
menilai pasar untuk memonitor strategi pemasaran dari pesaing mereka. Banyak
perusahaan memilih untuk membuat keputusan produk yang lebih inovatif dibanding
dengan pesaing mereka, untuk memperoleh lebih banyak wawasan tentang apa yang
diinginkan konsumen, perusahaan akan mengunakan riset pemasaran. Riset pasar
sangat berguna untuk membuat keputusan pemasaran produk. Survei pasar akan
mengetahui bahwa banyak keinginan konsumen akan sebuah produk yang tidak
tersedia oleh pasar.
Penggunaan riset
dan pengembangan untuk menciptakan produk
Perusahaan
menginvestasikan sejumlah besar dana dalam riset dan pengembangan(re search and
development--- R&D) untuk merancang produk baru atau untuk mengembangkan
produk yang telah diproduksi. Banyak perusahaan yang menghabiskan dana untuk
R&D berharap mendapatkan keuntungan yang diatas pengeluarannya.
Penggunaan paten
untuk melindungi riset dan pengembangan
Salah
satu keterbatasan R&D adalah kemungkinan produk yang dibuat nanti akan
ditiru oleh perusahaan lain. Oleh karena itu, perusahaan harus menciptakan
ide-ide tidak selalu dapat mencegah pesaingnya untuk meniru ide-idenya
tersebut, jadi tergantung pada perusahaan apakah akan melindungi ide-ide baru
mereka dengan cara menerapkan paten pada setiap ide-ide baru agar tidak bisa
ditiru dan lah hal lain perusahaan pun diuntungkan dengan adanya hak paten itu.
F.Langkah-langkah
penting untuk menciptakan produk baru
Berikut ini adalah langkah-langkah penting untuk
menciptakan produk baru:
·
Mengembangkan
ide produk
·
Menilai
kelayakan ide produk
·
Merancang dan
menguji produk
·
Mendistribusikan
dan mempromosikan produk
·
Pengawasan paksa
produk
Mengembangkan
ide produk
hal
pertama untuk menciptakan produk baru adalah mengembangkan sebuah ide. Metode
yang umum adalah mengidentifikasi kebutuhan dan pilihan konsumen yang tidak
terpenuhi oleh produk yang telah ada. Tujuan penting adalah mengembangkan
produk yang lebih berkualitas dari produk-produk lainnya.
Menilai
kelayakan ide produk
Setiap
ide untuk produk baru atau pengembangan produk harus dinilai dengan
memperkirakan biaya dan keuntungannya. Ide tersebut harus dilaksanakan hanya
jika keuntungannya melebihi biayanya.
G.KERJA SAMA
LINTAS FUNSIONAL
Ketika
manajer pemasaran menciptakan produk baru, mereka harus merancang suatu
karakteristik yang dapat menarik pelanggan. Mereka juga harus memutuskan harga
yang akan ditetapkan untuk menjual produk tersebut.
Merancang dan
menguji produk
Jika perusahaan yakin bahwa produk
baru(atau perbaiki) layak dilaksanakan, maka harus ditentukan rancang dan
karakteristik lain dari produk tersebut.
Produk baru terbaru tersebut harus diuji sebelum diimplementasikan secara
penuh.
Mendistribusikan
dan mempromosikan produk
Ketika
perusahaan memperkenalkan produk-produk baru atau mengembangkan produk baru
yang ada, biasanya mereka berusaha menginformasikannya kepada konsumen.
Produk-produk yang baru atau yang telah diperbaiki kemudian diperkenalkan
kembali kepada konsumen melalui berbagai teknik pemasaran.
Pengawasan paska
produk
Setelah
produk baru diperkenalkan kepada pasar, maka biaya dan keuntungan actual harus
diukur dan dibandingkan dengan biaya dan keuntuang yang telah diramalkan
sebelumnya.
H.DIFERENSIASI
PRODUK
Diferensiasi
produk ialah upaya dari sebuah perusahaan untuk membedakan produknya dari
produk pesaing dalam suatu sifat yang membuatnya lebih diingikan. Beberapa
produk dibedakan dari kualitas.
Tiga metode yang umum digunakan untuk membedakan
suatu produk:
·
Rancangan unik
·
Kemasan unik
·
Merek unik
I.KEHIDUPAN
PRODUK
Hampir
semua produk mengalami siklus kehidupan produk, atau rangkaian fase tertentu
sepanjang umur kehidupannya. Banyak keputusan pemasaran mengenai produk
tertentu dipengaruhi oleh fase umum daru siklus ini. Siklus kehidupan produk
biasanya memiliki empat fase khusus, yakni:
·
Pengenalan ialah
periode awal dimana konsumen diinformasikan mengenai produk yang baru.
·
Pertumbuhan ialah periode dimana penjualan produk naik
dengan sangat cepa.
·
Kedewasaan ialah
perioda dimana produk pesaing tambahan telah memasuki pasar, dan tingkat
penjualan produk terhenti Karena lebih banyak persaing.
BAB II
PENENTUAN HARGA
Manajer biasanya berupaya menentukan
harga yang akan memaksimalakan nilai perusahaan, harga yang ditentukan untuk
sebuah produk akan mempengaruhi pendapatan perusahaan pada akhirnya.
Perusahaan menentukan harga produk merekah dengan
mempertimbangkan berikut:
·
Biaya produksi
·
Suplai persedian
·
Harga pesaing
Penentuan harga
berdasarkan biaya produksi
Perusahaan
menentukan harga untuk sebuah produk dengan mengestimasi biaya per unit untuk
memproduksi tersebut dan menambahkan suatu kenaikan. Metode penentuan harga ini
bisa disebutkan penentuan harga berdasarkan biaya. Semua perusahaan mempertimbangkan
biaya produksi saat menentukan harga.
Penentuan harga
berdasarkan suplai persediaan
Beberapa
keputusan harga berhubungan langsung sebagai suplai persediaan. Misalnya,
perusahaan dealer kendaraan bermotor juga sering menggunakan strategi ini.
Penentuan harga
berdasarkan harga pesaing
Banyak
perusahaan umumnya akan mempertimbangkan harga pesaing ketika menentukan harga
produk mereka, mereka dapat menggunakan strategi penentuan harga untuk bersaing
melawan produk-produk lain.
Penentuan harga penetrasi strategi menentukan harga
yang lebih rendah dibanding produk-produk pesaing agar dapat menembus pasar.
Harga elastic pemintaan akan produk akan
sangat responsive terhadap perubahan harga. Harga tidak elistis tidak responsif
terhadap perubahan harga. Penentuan harga defensif tindakan menurukan harga
produk untuk menahan pesaing pasarnya. Penentuan harga predatori strategi
menurunkan harga untuk menyerang pesaing baru yang masuk ke dalam pasar.
Penentuan harga prestise strategi mengunakan harga yang lebih tinggi untuk
meraih kesan lini yang terbaik. Biaya tetap biaya produksi akan tetap sama tanpa
menghiraukan berapa banyak unit yang dihasilkan. Biaya varibel biaya yang
berbeda sesuai dengan kuantitas produksi
A.KEPUTUSAN HARGA TAMBAHAN
Sebagai tambahan dari penetapan harga
sebuah produk, perusahaan harus memutuskan apakah akan menawarkan disko khusus,
harga penjualan periodic, atau pun jangka waktu kredit. Setiap keputusan harus
didiskusikan secara terpisah.
Dikso
Karena
beberapa konsumen bersedia membayar lebih untuk sebuah produk dibandingkan
produk lain, sebuah perusahaan akan berupaya mengubah harga kepada pelanggan
yang berbeda
Harga obral
Perusahaan
menggunakan harga obral yang berarti memberi diskon kepada konsumen yang hanya
akan membeli produk jika harga diturunkan.
Jangka waktu
kredit
Tanpa
menghiraukan harga sebuah produk, perusahaan harus menentukan apakah mereka
mengizikan pembelian secara kredit, perusahaan pemasok pada umumnya
menginginkan pembelian secara tunai, menghindari kemungkinan terjadinya utang
yang membengkak.
5.
KESIMPULAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar