STARTEGI PRODUK
Strategi pasar mengetengahkan cara sebuah perusahaan
memperoleh pendapatan, produk ialah barang fisik atau jasa yang dapat memuaskan kebutuhan konsumen.
Perusahaan harus terus menerus meningkatkan produk produk yang ada dan
mengembangkan produk baru untuk memuaskan pelanggan setiap waktu, dengan cara
ini perusahaan dapat menghasilkan tingkat pertumbuhan penjualan yang sangat
tinggi. Yang disebut diatas inilah yang disebut dengan strategi produk. Ada 2
bagian produk yaitu produk belanja dan produk special. Produk belanja ialah
berbeda dengan produk konsumen, karena
produk belanja sering dibeli, contoh perusahaan dibidang mebel dan alat alat
rumah tangga lainnya, dan sedangkan produk special ialah produk yang dimaksudkan
untuk konsumen tertentu yang special dan oleh karenanya memerlukan upaya khusus
untuk mendapatnya, contoh sebuah hendphone tercanggih dan mobil ferarri harga
tidak jadi permasalah yang penting kepuas pribadinya diutamakan.
A.LINI PRODUK
Lini produk ialah serangkaian produk dan jasa yang
berhubungan yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan. Misalnya, fanta, spire,
pepsi, dan diet coke adalah bagian dari lini depan produk yaitu the coca-cola
compony. Lini produk cendrung berkembang sepanjang waktu saat perusahaan
menyadari kebutuhan konsumen yang lain.
B.BAURAN PRODUK
Bauran
produk ialah berbagai campuran produk yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan.
Contohnya, perusahaan sepeda motor Honda yang
mereka focus hanya membuat produk motor dan ordolinya saja akan tetap
setelah itu mereka mencipta produk baru dari perusahaan sendiri agar seperti
oil dan aksesorinya.
Salah satu strategi diversifikasi yang umum bagi
sebuah perusahaan adalah membuat keragaman variasi produk dalam kemampuan
produksinya sekarang.