Social Icons

Pages

Sabtu, 29 Desember 2012

STARTEGI PRODUK



STARTEGI PRODUK
Strategi pasar mengetengahkan cara sebuah perusahaan memperoleh pendapatan, produk ialah barang fisik atau jasa yang  dapat memuaskan kebutuhan konsumen. Perusahaan harus terus menerus meningkatkan produk produk yang ada dan mengembangkan produk baru untuk memuaskan pelanggan setiap waktu, dengan cara ini perusahaan dapat menghasilkan tingkat pertumbuhan penjualan yang sangat tinggi. Yang disebut diatas inilah yang disebut dengan strategi produk. Ada 2 bagian produk yaitu produk belanja dan produk special. Produk belanja ialah berbeda  dengan produk konsumen, karena produk belanja sering dibeli, contoh perusahaan dibidang mebel dan alat alat rumah tangga lainnya, dan sedangkan produk special ialah produk yang dimaksudkan untuk konsumen tertentu yang special dan oleh karenanya memerlukan upaya khusus untuk mendapatnya, contoh sebuah hendphone tercanggih dan mobil ferarri harga tidak jadi permasalah yang penting kepuas pribadinya diutamakan.
A.LINI PRODUK
Lini produk ialah serangkaian produk dan jasa yang berhubungan yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan. Misalnya, fanta, spire, pepsi, dan diet coke adalah bagian dari lini depan produk yaitu the coca-cola compony. Lini produk cendrung berkembang sepanjang waktu saat perusahaan menyadari kebutuhan konsumen yang lain.


B.BAURAN PRODUK
            Bauran produk ialah berbagai campuran produk yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan. Contohnya, perusahaan sepeda motor Honda yang  mereka focus hanya membuat produk motor dan ordolinya saja akan tetap setelah itu mereka mencipta produk baru dari perusahaan sendiri agar seperti oil dan aksesorinya.
Salah satu strategi diversifikasi yang umum bagi sebuah perusahaan adalah membuat keragaman variasi produk dalam kemampuan produksinya sekarang.

PASAR MONOPOLI

1.PASAR MONOPOLI

Monopoli adalah suatu keadaan dimana didalam pasar hanya ada satu penjual sehingga tidak ada pihak lain yang menyaninginya. Ini adalah kasus monopoli murni pure monopoly. Didalam kenyataan sulit untuk mendapatkan suatu perusahaan yang memberi contoh monopoli murni. Dimana tidak ada unsur persaingan dari perusahaan yang lain. Karena seandainya pun hanya ada satu penjual dipasar, sehingga tidak ada persaingan langsung dari perusahaan lain, kemungkinan masih ada perusahaan yang tidak langsung, misalnya dari produk dan barang-barang dari perusahaan lain yang biasa sebagian subtitusi(meski subtitusi tidak langsung ) untuk barang-barang yang dihasilkan perusahaan monopoli.
Misalnya, PLN  mendapatkan persaiangan dari perusahaan yang menjual genset. Macam persaingan yang tidak langsung adalah kemungkinan-kemungkinan adanya perusahaan-perusahaan baru yang masuk kedalam pasar(sering disebut”persaingan potensial”). Karena adanya persaingan potensial ini, prilaku seorang produsen tidak sebebas apa yang digambar kan dalam kasus monopoly murni. Demikianlah campur tangan pemerintah biasa merupakan factor pembatas bagi “kekuasaan monopoly” suatu perusahaan.
Secara umum perusahaan monopoli menyandang predikat jelek karena dikonotasikan dengan perolehan keuntungan yang melebihi normal dan supply komoditas yang lebih sedikit bagi masyarakat, meskipun dalam prakteknya tidak selalu demikian . sebagai contoh beberapa perusahaan di Indonesia dijalankan secara monopoli dengan alasan untuk melindungi kepentingan rakyat banyak, seperti halnya pertamina dan PAM.
Pasar monopoli adalah suatu  bentuk interaksi antara pemintaan dan penawaran dimana hanya ads satu penjual/produsen yang berhadapan dengan banyak pembeli/komsumen. Contoh : perusahaan kabel televisi local yang terdapat dikota-kota besar dapat dipandang sebagai seorang monopoli.
Dalam ilmu ekonomi dikatakan ada monopoli jika seluruh hasil industri diproduksi dan dijual oleh satu perusahaan yang disebut monopolis atau perusahaan monopoli.
Monopoli murni terdapat dalam situasi pasar dimana hanya ada penjual yang memperdagangkan produk tunggal yang tidak dapat digantikan dan disubtitusikan dengan produk lain. Penjual tunggal ini tidak dipengaruhi dan tidak mempengaruhi harga output dari produk-produk lain yang dijual dalam perekonomian. Sekali lagi bentuk pasar ini merupakan bentuk yang sangat idealistic, Karena sulit membayangkan didalam system perekonomian yang saling bergantungan ini, ada seseorang yang dapat menjual suatu produk yang tidak ada bersubtitusinya.
Contohnya ada seseorang yang menguasai satu-satunya sarana transportasi dari los angles ke Hawaii. Asumsikan juga bahwa tidak ada jalan lain menuju Hawaii kecuali melalui los angles. Bila orang ingin berlibur kehawaii, maka ia harus berhadapan dengan seorang monopolis murni, seperti yang didefenisikan diatas. Tetapi jelas ada tempat lain untuk berlibur, misalnya pergi ke meksiko. Tentu saja penganti ini bukan merupakan penganti yang mirip. Jadi sebaiknya kita mengganti defenisi kita semula tentang monopoli murni dengan membacanya sebagai penganti yang mirip, ketimbang tidak ada pengantinya, tanpa berhayal terlalu jauh,kita selalu dapat menemukan penganti bagi suatu barang dan jasa.

Rabu, 26 Desember 2012

SEPULUH BESAR MASALAH BANGSA INI

SEPULUH BESAR MASALAH BANGSA INI ...

Dari hasil survey salah satu televisi swasta nasional, di dapatlah 10 masalah terbesar bangsa indonesia.
1. Persoalan kestabilan ekonomi
2. Korupsi
3. Kemiskinan
4. Pengelolaan BBM
5. Sistem Pendidikan
6. Pengangguran
7. Tingginya Harga Pangan
8. Bencana Alam
9. Kelaparan dan Krisis Pangan
10.Krisis Kepemimpinan

Terlalu banyak masalah yang dihadapi oleh bangsa ini, berbagai masalah, cobaan, rintangan dan bencana datang silih berganti. Kita selalu memimpikan hidup bahagia, sejahtera, damai dan tenang. Namun kita juga tidak bisa merasa bahagia jika masih ada saudara dan tetangga kita yang masih kesusahan, bagaimana mungkin kita tersenyum sedang orang-orang di sekitar kita menangis.
Kita selalu menyebut indonesia sebagai negara berkembang, namun sampai sekarang perkembangannya selalu terseok-seok, entah kapan benar-benar mampu mengepakkan sayapnya. Kita pernah menjadi macan asia, tapi itu dulu, ketika kita menghalalkan segala cara, meraih pembangunan dengan meninggalkan aspek-aspek lingkungan dan kemanusiaan, ketika kebebasan kita dibatasi oleh diktator dan kesejahteraan hanya tampak sebagai kulit, sedang didalam tak lain dan tak bukan hanyalah kebobrokan.
Kita negara yang kaya, berbagai hasil bumi dan alam yang melimpah, namun kita tidak sejahtera, uang rakyat untuk pembangunan dan kesejahteraan masuk ke saku orang-orang tak bertanggungjawab, mereka tidak malu memakan yang bukan haknya. Korupsi telah mendarah daging.
Kemiskinan yang tinggi, banyaknya rakyat yang hidup dibawah garis kesejahteraan. Pengelolaan BBM yang tidak becus dan tidak transparan semakin memperburuk kondisi negara. Melengkapi deretan-deretan masalah bangsa Indonesia.
Bicara soal sistem pendidikan, mahalnya biaya untuk sekolah dan kuliah, ketidakberesan sistem semakin membuat rakyat dan bangsa ini lengkap dengan kebobrokan dan penderitaan. Lihat saja perbandingan yang cukup mengejutkan antara jumlah penduduk indonesia dengan orang-orang ahli yang dimilikinya. Belum lagi pengangguran yang merajalela, tingginya harga bahan pangan, menyebabkan kelaparan bagi saudara-saudara kita, hal tersebut tentu meningkatkan angka kriminalitas, makin merusak keamanan dan kestabilan negara.
Bicara soal alam Indonesia, Bencana alam yang muncul silih berganti, seolah telah menjadi masalah biasa bagi bangsa ini. Penanganan, pencegahan dan sosialisasi yang kurang, seolah tidak pernah berubah, masih sama saja, Indonesia masih belum mampu berbenah dan hal tersebut masih menjadi masalah utama bangsa Indonesia.
Krisis kepemimpinan, minimnya jumlah pemimpin yang benar-benar mampu merubah dan memakmurkan negara ini, krisis akan kepercayaan terhadap pemimpin dan janji-janji mereka, seolah menjadi trauma tersendiri. Melengkapi 10 Masalah terbesar bangsa Indonesia.
Dalam hidup pasti akan menyikapi berbagai masalah, cobaan dan rintangan. Yang paling penting adalah bagaimana kita menghadapi, menyelesaikan dan menyikapinya.
From: Dharma Duta